Published On:Kamis, 31 Maret 2016
Posted by Unknown
Siapa Iklan Terbaik di Indonesia Menurut YouTube?
Serupa dengan di tahun 2014, kebanyakan dari banyak video ini adalah “Made in Indonesia”. Tema “kekeluargaan” dan “persahabatan” tetap menjadi tema yang terus menyentuh emosi dan perasaan penonton Indonesia, seperti iklan Pond’s dan BRI Syariah. Kedua iklan ini memiliki beberapa kesamaan yakni dalam bentuk penyampaian narasi panjang, atau “storytelling.” Meskipun kedua video tersebut berdurasi panjang, lebih dari delapan menit, namun iklan tersebut justru melibatkan interaksi cukup tinggi dari para penonton di YouTube.
“Contoh dari kedua video ini cukup menunjukkan bahwa ketika brand bercerita narasi yang cukup emosional dan menghibur, serta memberikan inspirasi ataupun menyentuh hati dan pikiran kita,” jelas Veronica Utami, Head of Marketing di Google Indonesia, “para penonton sangat antusias untuk dapat terlibat.”
Kolaborasi dan kekuatan berbagi
Para selebriti dapat berperan serta dalam meningkatkan kesadaran sebuah produk atau pesan, tetapi bagi sebuah brand terkadang hal ini tidak masuk dalam jangkauannya. Pendekatan lain adalah dengan membiarkan talenta kreator YouTube lokal yang memiliki ribuan penggemar setia yang berlangganan serta melek digital - agar mereka dapat menyalurkan kreasinya.
“Menampilkan selebriti lokal terkenal seperti Raisa dan Bunga Citra Lestari jelas menarik para penggemar setia mereka. Namun, kolaborasi bersama bintang YouTube seperti Edho Zell justru menunjukkan kreativitas para kreator muda yang memiliki pengikut setia dan juga banyak,” Utami menambahkan.
Aktivitas penargetan ceruk dan mengidentifikasikan dengan jelas dan tepat sebuah kelompok penggemar dapat membuahkan hasil yang baik bagi pemain lokal seperti yang terjadi pada Traveloka. Brand ini masuk dalam daftar Top 10 untuk pertama kalinya dengan berhasil menargetkan kelompok khusus dengan mengerti dengan baik selera mereka.
Iklan yang tampil tidak seperti iklan
Daftar iklan yang tampil dalam daftar awal pertama tahun ini beberapa video bersifat film pendek pendek atau yang kontennya sudah populer di YouTube."
Kami sudah menyebutkan dua contoh yakni Pond’s dan BRI Syariah, kini,
hadirnya iklan Samsung juga bersifat sama - video ini tampil layaknya
genre sebuah gameplay. Bahkan video terpendek dari genre ini, seperti iklan Traveloka berdurasi 30 detik, dan fokus pada momen dramatis dan visual seperti dalam aktivitas bungee jumping.
Para pemilik brand rupanya menyadari bahwa mereka yang mendatangi situs
YouTube justru tidak mencari iklan tetapi apabila iklan mampu menghibur
maka iklan justru akan dengan sendirinya mendapatkan penonton. Utami
mengatakan: ”Pemahaman nuansa terhadap budaya pop dan perkembangan
terkini dapat membantu brand jadi bagian dari pembicaraan masyarakat.”
Judul
|
Brand
|
Agensi Kreatif
|
Agensi Media
|
Asal
|
Durasi
|
|
1
|
Cahaya Cantik Raisa (film pendek Raisa) by POND'S |
Pond’s (Unilever)
|
Ogilvy & Mather
|
Digital: Arcade
Media: Mindshare
|
ID
|
9:24
|
2
|
Clash of Clans (Revenge) feat Angry Liam Neeson |
Clash of Clans
|
Barton F. Graf 9000
|
N/A
|
INT’L
|
1:00
|
3
|
#AdaAQUA - Tes Konsentrasi dan Fokusmu |
Aqua
|
VML Qais
|
Havas
|
ID
|
1:00
|
4
|
LINE Let's Get Rich feat. BCL & Ashraf |
Line Indonesia
|
LINE
(in-house)
|
Dentsu Media Palette
|
ID
|
0:30
|
5
|
"Marvel's Avengers- Age of Ultron and Samsung Mobile present 'Assemble' |
Samsung
|
72AndSunny
|
Starcom Mediavest Group (SMG)
|
INT’L
|
4:18
|
6
|
#aksimandiriku | jualan batu akik |
Mandiri
|
N/A
|
Grey
|
ID
|
1:44
|
7
|
Dior
|
The Style Council
|
N/A
|
INT’L
|
1:00
|
|
8
|
#ringbersama: My Sun, My Son |
BRI Syariah
|
Matari Advertising
|
Matari Advertising
|
ID
|
8:04
|
9
|
Traveloka Bungee Jump |
Traveloka
|
Grey
|
MEC
|
ID
|
0:30
|
10
|
Royco: Janji Ramadan Trailer |
Royco
|
Lowe
|
Digital: VML
Media: Mindshare |
ID
|
Sumber: