Published On:Senin, 29 Februari 2016
Posted by Unknown
2016, Tahun Transformasi eCommerce di Indonesia
FOTO; Diajeng, Founder Hijup.Com |
Ajang IESE 2016 akan digelar pada 27-29 April 2016 di Indonesia Convention & Exhibition (ICE), Jakarta dengan mengambil tema, ‘Transforming towards Indonesia Digital Economy’. Kegiatan ini menghadirkan lebih dari 100 pelaku industri e-commerce seperti online retail, marketplace, classified, daily deals, payment, infrastructuresebagai narasumber baik dari nasional maupun internasional, 200 stand perusahaan yang bergerak di Industri e-commerce dan pendukungnya ,serta 100 stand Usaha Mikro Kecil Menengah (UMM).
Menurut Daniel, perubahaan fundamental (transformation) mutlak diperlukan untuk dapat mewujudkan tujuan tersebut. Transformasi memerlukan kreativitas, komitmen, dan integrasi dari semua komponen ekosistem baik dari perspektif sumber daya manusia, bisnis model, teknologi, dan regulasi. “Di IESE 2016, peserta dan pengunjung dapat merasakan transformasi cara berbelanja di online shop yang berbeda dari sebuah konsep pameran itu sendiri. Misi kami yaitu mengedukasi masyarakat luas mengenai potensi industri eCommerce,” tambah Dewan Pengawas idEA Edi Taslim.
Sekadar informasi, Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan eCommerce yang sangat berkembang cepat seiring dengan peningkatan penggunaan telepon pintar dan juga infrastruktur telekomunikasi internet. Pertumbuhan ini tidak hanya terjadi di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan lain-lain tetapi juga kota-kota lain dan menyebar hampir seluruh wilayah Indonesia. Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan potensi pertumbuhan eCommerce terbesar di Asia Pasifik.
Pada tahun ini, nilai bisnis eCommerce di Indonesia diperkirakan bisa mencapai Rp 120 triliun sampai dengan Rp 140 triliun dan dalam tiga tahun ke depan diperkirakan akan meningkat menjadi US$ 130 miliar. Saat ini penetrasi Internet di Indonesia baru mencapai 88 juta pengguna namun menurut IdEA hanya sekitar 7% saja yang melakukan pembelanjaan secara online. Tahun depan penetrasi Internet di Indonesia diperkirakan akan mencapai 102 juta pengguna dan ini tentu akan ikut meningkatkan para pelaku eCommerce di Indonesia.
Penulis : AK